Al4y merupakan skema kehidupan manusia saat ini

Jadi awalnya, gue nonton video stand up comedy Raditya Dika. Dia bilang 'Alay merupakan sebuh skema pertumbuhan manusia.
Dan gue merasa itu ada hubungannya sama ade gue yang pertama, dia itu umurnya on the way ke 12th, dan lagi Al4y-Al4ynya. Contohnya gini;
Satu, dia seneng banget nyanyi lagu-lagu punk rock, yang jujur gue nggak tahu maksud lagu itu apa, dan lebih parah dia nyanyi dengan suara kumur-kumur, makin nggak jelas aja kan!
Kedua, ini udah beberapa kali gue mergokin dia masuk kamar mandi, rambutnya basah udah kayak kucing ke cebur di kali, dan ketemunya lagi ngambang di laut. Karena ngerasa aneh gue Tanya ke dia;

G: 'Kamu abis mandi?'
A : 'Engga, aku cuma basahin rambut doang'
G : …
A : *nyengir kuda trus pergi*

Dia sengaja basahin rambutnya, supaya rambutnya itu basah dan bisa di tarik jadi poni. Mungkin dia diem-diem nge-fans sama rambutnya salah satu vokalis band yang kangen itu. Gue heran, akhirnya gue tanya lagi ke dia ;

G : 'ngapain sih kamu basahin rambut gitu'
A : 'biar rambut aku kayak Emo'
G : 'Emo kan ikan? Kamu ngapain nyama- nyamain ikan?'
A : 'itu Nemo!'
G : ‘udah kayak al4ay
A :  ‘dasar norak!’
G : ….
A : *pergi sambil narik-naik poni*

Dan lagi lagi gue bingung. Untuk kondisi saat ini gue agak susah membedakan yang mana Emo dan salah satu anggota Al4y. Dengan semua yang terjadi sama ade gue ini, gue cukup prihatin sama dia. Dia itu anak cowok remaja, yang kalau di sekolah sok cool (di rumah bawelnya udah kayak mpok nori), dan lebih prihatin lagi sama cewek-cewek yang ngejar-ngejar dia, ngasih surat cinta ke dia, nelpon, titip salam sama Farah (ade gue yang terakhir), kenapa? Gue bingung apa yang mereka suka dari ade gue? Tapi seketika gue inget cinta itu buta. #tsah! Dan, ada kaitannya sama yang gue tulis di awal, gue sadar kalau memang Al4y merupakan sebuah proses pertumbuhan manusia. Karena gue juga pernah ada di masa-masa itu, nggak sengaja gue menemukan foto-foto lama gue, folder-folder lama gue, dan itu semua Al4y! Dari cara gue foto. Pipi gue suka gue kembung-kembungin sambil bentuk jari jadi huruf o dan gue tempel di bibir (ish! Sumpah gue Al4y banget dulu), nulis folder name. Hurufnya kecil-gede (contoh : mUs!k iNdOnE5!a) (agak GELI juga gue ingetnya). Dan sekarang gue sadar, umur gue 17 tahun dan gue sudah tobat. (alhamdulillah ya Allah), mungkin juga nanti akan terjadi sama ade gue itu. Pada saat sekarang dia maniak ingin jadi spesies Al4y tapi saat dia ulang tahun ke 17 dia akan sadar kalau dia sudah ada di jalur yang salah, tidak lain dan tidak bukan, secara tidak sengaja kena candu Al4y.
So gue nggak boleh lagi nge-buli ade gue dan para anak-anak Al4y karena suatu saat nanti mereka pasti sadar dan berubah. Kalau berubah berarti emang takdir.. Karena alay merupakan skema pertumbuhan manusia.

Bayi à Balita à Remaja à Alay à Dewasa = Tobat

*maaf tulisan ini tidak bermaksud menyinggung siapapun, komunitas apapun, kecuali ade gue, gue bermaksud menyinggung dia.

2 komentar:

ariestar permana mengatakan...

keren nih aku lagi buat majalah kampus boleh aku beli ga artikel ini?

Ify Calyta mengatakan...

benerann? boleh :D *nari hula* hihi